DAHSYATNYA TAAWAKKAL

Tawakkal merupakan suatu sikap mental seorang Mukmin dari hasil keyakinannya yang bulat kepada Allah, karena dalam tauhid ia diajari agar meyakini bahwa hanya Allah yang mengatur dan menguasai alam semesta.

Seseorang yang yang bertawakkal, berarti ia menyerahkan segala sesuatu kepada Allah setelah usaha maksimal yang dilakukannya.
Banyak orang yang mengira bahwa dengan tawakkal, maka ia tidak lagi harus bersusah payah melakukan usaha.
Ia menyerahkan semuanya kepda Allah dan menunggu takdir yang ditetapkan Allah kepadanya. Ini adalah pemahaman yang salah kaprah.
Perlu diketahui, yang dinamakan dengan tawakkal, memang berserah diri atas ketentuan Allah. Namun, semuanya tetap memerlukan usaha sebelumnya. Setelah berikhtiar dengan sungguh-sungguh, barulah ia menyerahkan semuanya kepada Allah Ta’ala.
Kaum Muslimin yang dimuliakan Allah, Allah memerintahkan kepada umat-Nya agar bertawakkal kepada-Nya dalam banyak ayat dalam Al-Qur’an.
Dengan tawakkal, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya. Allah berfirman:
“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah mencukupinya”. (Ath-Thalaq: 3)

Ibnul Qayyim pernah menukil perkataan seorang salaf,
“Allah telah menjadikan setiap amal akan mendapatkan balasan yang sepadan, dan Allah menjadikan balasan bagi orang yang bertawakkal kepada-Nya berupa kecukupan yang Dia berikan kepada hamba-Nya”.
Yang Allah janjikan adalah memberi kecukupan bagi hamba-Nya yang bertawakkal, bukan pahala ini dan itu sebagaimana pahala amal-amal lain.
Jika seseorang bertawakkal, andai saja seisi raya membahayakannya, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, Allah akan menolong dan mencukupinya.” (Bada’il Fawaid)
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua jika ada kekurangan itu datangnyna dari diri saya sebagai mahkluk dhoif yang tak luput dari khilaf, dan atas semua kesalahan itu mohon dimaafkan dan dimohonkan ampun kepada Allah SWT. Semua kebenaran datangnya dari Allah SWT.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *