SABAR

Ketahuilah bahwa di dunia ini ada sesuatu yang pasti akan singgah dalam hidup kita, yaitu ujian. Sekuat apapun usaha kita untuk menghindarinya pasti tidak akan bisa. Seperti apapun kita menolak dan mengeluhkannya ujian itu tetap akan singgah kepada kita.

Maka, agar ujian itu berbuah pahala dan mengangkat derajat kita, jalan satu-satunya adalah dengan bersabar. Dengan begitu, ujian itu justru bisa kita maknai sebagai anugerah. Karena dengan ujian yang telah kita sabari itu menjadi sebab kebahagiaan kita di dunia dan akhirat.

Disebutkan dalam Al qur’an surat Al baqarah ayat 155: “Dan kami pasti akan menguji kalian dengan sebagian rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang telah bersabar” (Q.S Al Baqarah:155
Dalam pandangan Islam, sabar sendiri terbagi menjadi beberapa bagian:
Yang pertama adalah sabar dalam menjalankan semua perintah Allah. Yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa bersabar dan ikhlas dalam menjalankan semua perintah Allah agar bisa istiqomah.

Sebab Allah telah menjanjikan surga untuk hamba-hambanya yang telah bersabar dan istiqomah dalam menjalankan semua perintah Allah sesuai dengan syari’at.

Yang kedua adalah sabar dalam menjauhi semua larangan Allah. Yang dimaksud sabar dalam hal ini adalah agar kita selalu senantiasa menahan diri untuk tidak berbuat segala sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah, secondong apapun diri kita terhadap sesuatu itu.

Yang ketiga adalah sabar terhadap segala keputusan dan ketentuan Allah. Sabar dalam hal ini juga termasuk dalam Rukun Iman yang terakhir yaitu ke-6. Kita wajib bersabar atas segala sesuatu yang telah menjadi ketetapan Allah. Entah itu baik atau buruk.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *