JUJURLAH

Kejujuran merupakan hal yang perlu dimiliki oleh semua orang, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Kejujran ini harus dilatih sejak dini, karena jika sejak kecil sudah terbiasa menjalankan sifat kejujuran, maka dewasa kelak akan terbiasa dengan perilaku jujur.

Apa pengertian jujur sendri? Jujur merupakan suatu perilaku kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan, sehingga timbullah sifat jujur. Mulai dari hati, dilanjutkan dengan perkataan dan diakhiri dengan perbuatan dalam menjalani suatu perbuatan.
Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati bersih, hati nurani suci, dan terkadang kita enggan menuruti hati nurani kita, dan kta hanya mengikuti hawa nafsu kita dari pada mengikuti hati nurani.
Kejujuran juga diharuskan oleh nabi Muhammad SAW dalam haditsnya
دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الْكَذِبَ رِيبَةٌ
Artinya : “Tinggalkanlah yang meragukanmu pada apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran lebih menenangkan jiwa, sedangkan dusta (menipu) akan menggelisahkan jiwa.”
Kejujuran akan menenangkan jiwa kita, karena berlaku jujur tidak memiliki resiko yang akan diterima dikamudian harinya, begitu sebaliknya, berkata dusta atau bohong pasti akan selalu menutupi kedustaan tersebut dan tidak akan hidup tenan, karena takut akan katahuan kedustaannya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *