SABARRRRR

Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa,kita menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita.Tetapi harus juga diketahui , bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.
Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.
Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan saat mendapat kesusahan.
Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berfikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *