BILA TIBA MASANYA

Sahabat Nabi yang mulia, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu pernah memberi nasihat yang menyentuh hati, sebagai berikut :

إنكم في ممر من الليل والنهار، في آجال منقوصة، و أعمال محفوظة، والموت يأتي بغتة، فمن زرع خيرا فيوشك أن يحصد رغبة، ومن زرع شرا فيوشك أن يحصد ندامة، ولكل زارع مثل ما زرع، لا يسبق بطيء بحظه، ولا يدرك حريص ما لم يقدر له، فإن أعطي خيرا فالله أعطاه

_”Sesungguhnya kalian berada di tengah perjalanan malam dan siang._

_Dalam umur yang terus berkurang, dan dalam berbagai amalan yang selalu dijaga catatannya (yakni, tersimpan dalam catatan amal). Sedangkan kematian itu akan datang secara tiba-tiba._

_Barangsiapa menanam kebaikan, niscaya dia akan memetik kebahagiaan._

_Dan barangsiapa menanam kejelekan, niscaya dia akan menuai penyesalan._

_Setiap orang yang menanam, dia akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia tanam._

_Orang yang berlambat-lambat, dia tidak akan bersegera mendapatkan bagiannya. Dan orang yang rakus, dia tidak akan mendapatkan apa yang tidak ditetapkan baginya._

_Barangsiapa yang dikaruniai kebaikan, maka Allah-lah yang memberinya_.

_Dan barangsiapa yang dijaga dari kejelekan, maka Allah-lah yang menjaganya.”_

(Shifatus Shafah, 1/408-409)

Hendaknya kita senantiasa menyadari, bahwa setiap saat kematian itu akan datang ! Karena sesungguhnya, setiap yang bernyawa, pasti akan merasakan kematian

(lihat QS. Al-Anbiya’ : 35, QS. Al-Ankabut : 57 dan QS. Ali Imran : 185)

Dan ketahuilah pula, bahwa sifat dari kematian itu adalah dia akan datang secara tiba-tiba/mendadak. Jika dia sudah datang, tidak bisa ditunda/diakhirkan barang sesaatpun, dan tidak pula bisa dipercepat.

(lihat QS. Yunus : 49, QS. Al-Jum’ah : 6 dan QS. Al-Munafiqun : 10-11)

Banyak kematian datang secara mendadak, yakni tanpa didahului adanya tanda-tandanya, seperti sakit dan sebagainya. Sehingga terkadang orang yang mengalami kematian itu tidak sempat berobat dan bertobat dari kemaksiatan dan dosa-dosanya, dan tidak sempat pula beramal shalih.

Dan banyaknya orang yang mengalami kematian mendadak ini, termasuk salah satu tanda dekatnya hari kiamat, sebagaimana dalam hadits Anas bin Malik radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إن من أمارات الساعة… أن يظهر موت الفجأة…

_”Sesungguhnya di antara tanda-tanda (dekatnya) hari kiamat adalah… banyaknya terjadi kematian tiba-tiba/mendadak…”_

(HR. Ath-Thabrani dalam As -Shaghir dan Al-Ausath, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih Al-Jami’us Shaghir 5/214, no. 5775)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu Petunjuk, Ketakwaan, ‘Iffah (penjagaan diri dari hal yang tidak diperbolehkan), dan Kecukupan.”

(Diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *