DOA

*INGAT! Ini 4 Kesalahan saat Berdoa, Wajar Tak Kunjung Dikabulkan*

1. Tidak memohon ampunan pada Allah
Hal yang harus pertama kali kamu panjatkan ketika berdoa yaitu dahulukan meminta ampunan kepada Allah. Sebab dosa-dosamu bisa jadi penghalang terkabulnya doa.

Jadi pertama kali, memohonlah ampunan kepada Allah agar dosa kita semakin kecil. Semakin tipis dosa kita, semakin mudah terkabulnya doa.

Jangan sampai kamu langsung berdoa meminta ini itu, tapi kamu tidak pernah berdoa memohon ampunan kepada Yang Maha Pengampun. Ingatlah, utamakan dulu doa ini.

2. Tidak berkepanjangan
Doa itu tidak cukup sekali, doa itu harus berkepanjangan. Jangan sampai kamu merasa cukup hanya dengan berdoa satu atau dua kali. Kalau kamu suka begitu, jangan salahkan siapapun kenapa doamu tak kunjung dikabulkan.

Seharusnya setiap saat kamu selalu berdoa, terutama setelah shalat fardhu, lebih baik lagi setelah shalat malam. Walau belum dikabulkan, jangan berputus asa, teruslah berdoa.

3. Tergesa-gesa saat berdoa
Ketika berdoa, kamu harus fokus hanya pada Allah dan doamu, jangan sampai kamu buru-buru ketika berdoa, apalagi sambil membayangkan hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan doamu.

Saat berdoa itu, tenangkan dulu hatimu, fokuskanlah hanya pada Allah dan maknai setiap kata dari doamu. Jangan sampai kamu memanjatkan doa, tapi kamu sendiri tidak paham apa arti dan makna doa tersebut

4. Ada keraguan saat berdoa
Ini yang sering dilakukan banyak orang ketika berdoa. Kebanyakan masih menyimpan keraguan ketika berdoa, “aduh apakah doaku akan dikabulkan tidak yah?”, “Kayaknya mustahil harapanku ini terwujud.”

Jika masih menyimpan keraguan saat berdoa, jangan heran bila doamu tak kunjung dikabulkan. Sebab Allah melihat lubuk hatimu yang terdalam, dan ternyata hatimu masih menyimpan keraguan. Secara tidak langsung kamu masih ragu sama Allah, padahal di depan Allah tidak ada yang mustahil.

Yakinlah kalau doamu itu akan dikabulkan, itu dulu modalnya. Meskipun menurut akal mustahil, tapi tidak ada yang mustahil menurut Allah.

Jangan takut doamu tidak akan dikabulkan, tapi takutlah kamu tidak diberikan hidayah lagi untuk terus berdoa. (*)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *